Apa Bagian Tubuh Yang Paling Penting??

Doa Seorang ibu

Ibuku selalu bertanya padaku, apa bagian tubuh yang paling penting? Bertahun-tahun, aku selalu menebak dengan jawaban yang aku anggap benar.

Ketika aku muda, aku pikir suara adalah yang paling penting bagi kita sebagai manusia. Jadi aku menjawab, “mulut, Bu.” Tapi ternyata itu bukan jawabannya. “Bukan itu, nak.

Banyak orang yang bisu. Tapi teruslah memikirnya dan ibu akan menanyakannya lagi nanti.”

Beberapa tahun kemudian, aku mencoba menjawabnya sebelum ibu menanyakannya kepadaku lagi. Jadi, kali ini aku memberitahukannya, “ Bu, penglihatan kita sangat penting bagi manusia. Jadi pastilah mata kita.” Dia memandangku dan berkata, “ kamu belajar dengan cepat, anakku. Tapi jawabanmu itu masih kurang tepat karena banyak orang yang buta.”

Gagal lagi, aku meneruskan usahaku mencari jawaban baru dan dari tahun ke tahun ibu selalu bertanya kepadaku beberapa kali dan jawabannya selalu, “Bukan. Tapi kamu makin pandai dari tahun ke tahun, anakku.”

Akhir tahun lalu, kakekku meninggal dunia. Semua keluarga sedih. Semua menangis. Ibuku memandangku ketika giliranku untuk mengucapkan selamat tinggal pada kakek. Dia bertanya, “apakah kamu sudah tahu apa bagian tubuh yang paling penting sayang?” Aku terkejut ketika ibu bertanya pada saat seperti ini. aku sering berpikir, ini hanyalah permainan antara Ibu dan aku.

Ibu melihat kebingungan di wajahku dan memberitahuku. “pertanyaan ini penting. Ini akan menunjukkan kepadamu. Apakah kamu sudah benar-benar “hidup”. Untuk semua bagian tubuh yang kamu beritahu kepada ibu dulu. Ibu selalu berkata kamu salah dan ibu telah memberitahukan kamu kenapa. Tapi hari ini adalah hari dimana kamu harus mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dalam hidup.” Dia memandangku dengan wajah keibuan. Aku melihat matanya penuh dengan air mata.

Dia berkata, “Sayangku, bagian tubuh yang paling penting adalah bahumu.” Aku bertanya, “Apakah karena fungsinya untuk menahan kepala?” Ibu menjawab, “Bukan, tapi karena bahu dapat menahan kepala seorang teman atau orang yang kamu sayangi ketika mereka menangis.

Kadang-kadang dalam hidup ini, semua orang membutuhkan bahu untuk menangis. Ibu cuma berharap, kamu punya cukup kasih sayang dan teman-teman agar kamu selalu punya bahu untuk menangis kapanpun kamu membutuhkannya.”

Akhirnya aku tahu, bagian tubuh yang paling penting adalah tidak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri, tapi memiliki simpati terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain. Orang akan melupakan apa yang kamu katakan. Orang akan melupakan apa yang kamu lakukan. Tapi orang takkan melupakan, bagaimana kamu membuat mereka berarti.

Selamat malam Juragan…

Anak Bangsa hanya ingin bertanya?? Sudahkah hidup juragan yang berharga ini dapat menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi keluarga, bangsa dan Negara?? Anak Bangsa sendiri masih merasa belumlah cukup berarti bagi mereka semua..

Mungkin sekarang Aku hanyalah sebutir pasir di pantai..

Mungkin sekarang Aku sekedar setetes air di tengah laut..

Tapi Aku berjanji..

Aku harus menjadi Besar seperti Batu karang yang melindungi pantai dari kikisan ombak..

Aku pasti bisa menjadi apa yang di harapkan oleh kedua orang tuaku sebelum waktu membuat mereka tak dapat menyaksikan keberhasilanku..

Semoga Tuhan Memberikan Aku Kekuatan untuk melakukan itu semua..

Salam Anak Bangsa..

Salam Perubahan..

3 Responses to “Apa Bagian Tubuh Yang Paling Penting??”

  1. Tadinya saya mengira hati lho.Ternyata bahu.Benar sekali mas,janganlah kita hidup untuk diri sendiri tetapi harus berupaya agar bermanfaat bagi orang lain.Rasululah Saw bersabda:”Khoirunnas anfauhum linnas”,sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya”
    Artikel semacam ini sungguh sangat kita perlukan ditengah hiruk-pikuknya debat soal hasil pilpres dan kejar-kejaran sama pagerank dan alexa ha..ha..ha.

    Salam hangat dari Surabaya.

  2. Salam kenal, Cel!

    Salammu langka,
    Salam Perubahan.
    Mulut, Mata, Bahu!

    Salam Maya!

Leave a Reply

